Bali Safari & Marine Park (BSMP)

0
Bali Safari & Marine Park (BSMP) adalah “sister park” dari Taman Safari Indonesia I, Cisarua, Bogor dan Taman Safari Indonesia II, Prigen, Jawa Timur. Seperti taman safari pendahulunya, Bali Safari & Marine Park juga merupakan sebuah lembaga konservasi dan anggota dari Persatuan Kebun Binatang se Indonesia.

BSMP terletak di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra tepatnya berada di tiga desa di Gianyar, yaitu Desa Lebih, Desa Serongga, dan Desa Medahan. Lokasi ini berada sekitar 17 kilometer dari Denpasar, atau sekitar 30 kilometer dari Kuta. Luasnya 40 hektar

BSMP menyediakan sebuah medium unik dalam sebuah kombinasi dari kehidupan satwa liar di habitat aslinya dengan ekosistem yang bersinggungan dengan kebudayaan masyarakat Bali. Di sini kamu dapat melihat berbagai jenis satwa langka yang berasal dari tiga region (Indonesia, India, dan Afrika) seperti Jalak Putih, Burung Hantu, Babi Rusa, Buaya, Tapir, Gajah Sumatra, Rusa Timor, Beruang Madu, Harimau Sumatera, Rusa Tutul, Beruang Himalaya, Nilgai, Black Buck, Kuda Nil, Grevy Zebra, Onta Punuk Satu, Burung Unta, Babbon, Blue Wildebeest, dan Singa.

Konsep dasar BSMP adalah mengajak pengunjung menikmati pengalaman bersafari yang diawali dari daerah Bali modern, masuk ke kehidupan Bali kuno, dengan berbagai filsafat, mitos dan sejarah yang sangat erat dengan hidupan liar.

Perjalanan dimulai dengan cerita Tantri dan Ramayana, kemudian memasuki perkampungan Bali dengan segala aktivitas masyarakatnya, mengunjungi daerah yang dipenuhi oleh Hanuman dan pasukannya hingga menuju kepada sebuah patung Ganesha, Dewa Pengetahuan dan Kemakmuran yang berwujud gajah. Dari Bali, kamu akan diajak mengunjungi Sulawesi, Kalimantan, Jawa hingga India dan Afrika. Perjalanan safari ini dilakukan dengan kendaraan khusus dari Terminal Toraja.

Setelah melakukan Safari Tram Tour, kamu berkesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat lainnya serta langsung berinteraksi dengan satwa yang ada, seperti memberi makan atau menunggang gajah dan unta, atau berfoto dengan bayi-bayi hewan yang lucu dan menggemaskan.

Perjalanan untuk mengenal hidupan liar di BSMP akan memberikan kamu pengalaman yang berbeda. Misalnya melihat langsung aktivitas yang dilakukan oleh macan putih, atau menaiki gajah-gajah yang telah dilatih khusus.

Pengalaman bersantap juga akan berbeda jika kamu memasuki Tsavo Lion Restaurant yang memiliki suasana yang sangat unik dan satu-satunya di Asia. Di restoran ini kamu menikmati makanan dengan ditemani singa-singa afrika yang berkeliaran di luar jendela kaca yang mengelilingi restauran tersebut.

Education and Conservation Program
Program edukasi dan konservasi di Bali Safari merupakan pilihan jika ingin mengisi liburan dengan kegiatan yang lebih daripada sekedar berekreasi. Kegiatan dimulai pukul 09.30 di Lobby Barong dengan pengenalan tentang macan tutul, buaya Senyulong (salah satu species buaya air tawar) dan burung Curik Bali. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan foto bersama burung-burung cantik di daerah Banyan Court. Setelah itu, peserta diajak berkeliling safari dengan dipandu guide khusus selama kurang lebih 30 menit.

Acara selanjutnya adalah diskusi tentang satwa, lingkungan dan konservasi, kemudian touch and feel the animal, menonton animals education and conservation show serta berkesempatan untuk melihat aktivitas feeding the white tiger. Acara ini ditutup dengan melakukan makan siang di Uma Restaurant pada pukul 12.30 WITA. Setelah acara selesai, peserta dapat menikmati berbagai aktivitas lainnya di BSMP.

Tiket
Rp 75 ribu per orang dan Rp110 ribu per orang untuk Program Edukasi dan Konservasi.

Aktivitas lain
Aktivitas lain yang disediakan diantaranya adalah area permainan atau funzone dan water park. Areal Funzone menyediakan permainan seperti gogo bouncer, jungle cruise, spinning coaster, flume ride dan lain-lain. Pada hari Sabtu, Minggu dan Tanggal Merah, juga diadakan pertunjukan tari barong dan pelajaran menari bagi anak-anak di Bale Banjar.

Waktu yang tepat untuk berkunjung
Di luar dari paket edukasi, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada pagi hari mulai jam 09.00 karena akan diadakan Various Animal Presentation pada pukul 11.00 dilanjutkan dengan Elephant Bathing pada pukul 11.15 dan Elephant Conservation and Education Show pada pukul 11.45 waktu setempat. Setelah itu kamu dapat menikmati santap siang di Uma Restaurant atau Tsavo Lion Restaurant.

Jika ingin datang pada siang hari, catatlah akan ada Elephant Bathing pada pukul 13.15, Elephant Conservation and Education Show pada pukul 15.00 dan Various Animal Presentation pada pukul 16.00.

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*