Upacara Sepuluh Tahunan di Pura Besakih

0
Penduduk Bali sebagian besar beragama Hindu yang memiliki berbagai upacara ritual yang unik dan penuh pesona. Hampir setiap hari di pulau yang dijuluki ‘pulau seribu pura’ ini dapat dijumpai acara ritual untuk mengharmoniskan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam semesta, yang ketiganya mereka sebut dengan Tri Hita Karana. Satu di antara sekian banyak ritual itu adalah upacara Panca Bali Krama yang di selenggarakan di Pura Besakih setiap 10 tahun sekali.

Setelah upacara Panca Bali Krama yang diselenggarakan pada tahun 1999, kini masyarakat Hindu Bali menyelenggarakan kembali upacara tersebut yang puncaknya jatuh pada tanggal 25 Maret 2009.

Rangkaian upacara Panca Bali Krama tahun ini sudah dimulai dengan ngakuagem (pernyataan kesiapan) di pura Penataran Agung Besakih, Senin (12/1) lalu. Sementara ritual nuasen karya (menetapkan hari-hari baik rangkaian upacara), mohon air suci dan penyucian alam dan diri dilaksanakan di Pura Dalem Puri Besakih pada hari Minggu (25/1).

Setelah puncak upacara pada tanggal 25 Maret 2009, upacara terus dilaksanakan selama sebulan hingga pelaksanaan penyineban (upacara penutupan) pada tanggal 24 April 2009.


Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*