Melasti Panca Bali Krama, Diperkirakan 1500 Orang

0
Ritual Melasti ke pantai Klotok, Klungkung akan menjadi satu perhelatan besar dalam rangkaian upacara Panca Bali Krama, yaitu ritual keagamaan yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali di Pura Besakih. Melasti adalah upacara penyucian Pratima (benda-benda sakral simbolisasi kekuasaan Tuhan) yang dilakukan di pantai. Ritual ini akan diselenggarakan tanggal 21, 22 dan 23 Maret 2009 dan diperkirakan akan diikuti oleh tak kurang dari 1500 umat. Mereka akan berjalan kaki sambil mengusung Pratima dari pura yang terletak di lambung Gunung Agung itu menuju pantai Klotok yang berjarak sekitar 40 kilometer.

Dari Klotok, iring-iringan akan menginap semalam di Pura Penataran Agung, Klungkung. Keesokan harinya iring-iringan berangkat menuju Besakih melalui jalur desa Paksebali, berisitirahat sejenak di Pura Tohjiwa lalu melanjutkan perjalanan melalui jalur Sidemen dan menginap semalam di Pura Puseh Tebola, Sidemen , Karangasem.
Tanggal 23 Maret iring-iringan berangkat menuju Pura Besakih melalui jalur desa Selat melewati Toya Esah. Setelah memasuki kawasan Besakih, Pratima akan disambut dengan ritual Pesandekan dan Pamendak Alit (penyongsongan kecil) di Pura Pasimpangan Besakih. Setelah itu lanjut menuju Pura Penataran Agung Besakih.

Setiba di halaman depan Pura Penataran Agung Besakih, Pratima akan disambut dengan ritual Pamendak Agung (penyongsongan besar) bersamaan dengan penyongsongan Ida Bhatara Tirtha, air suci dari Sad Kahyangan (enam pura utama) Bali, Gunung Semeru, Gunung Agung dan Gunung Rinjani yang prosesinya dilakukan oleh rombongan lain sehari sebelum ritual Melasti.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, upacara agung Panca Bali Krama akan berlangsung selama 42 hari yang pelaksanaannya secara resmi akan dimulai pada 25 Februari 2009.

Berita terkait: Upacara Sepuluh Tahunan di Pura Besakih
Info terkini tentang Pura Agung Besakih klik di sini

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*