Balik ke Jalur Lama, Parade PKB Mudahkan Wisatawan

0
Parade budaya pada pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-31 tahun 2009 ditetapkan untuk kembali menempuh jalur lama. Parade tersebut akan diberangkatkan dari gedung Jaya Sabha --kediaman Gubernur Bali yang berhadapan dengan Lapangan Puputan Badung, menuju Pusat Kesenian Werdhi Budaya di Jalan Nusa Indah, Denpasar, tempat aktivitas seni tahunan tersebut dipusatkan.

Rute ini selalu ditempuh sejak PKB pertama kali diselenggarakan pada tahun 1978. Namun rute tersebut diubah pada 2003 saat Drs Dewa Beratha menjabat Gubernur. Parade digelar di kawasan Monumen Bajra Sandhi - Niti Mandala Renon. Kini, dengan berbagai pertimbangan, parade budaya yang hampir selalu dilepas oleh Presiden RI itu dipindahkan kembali ke jalur awal.

Satu dari sekian pertimbagan pemindahan jalur ini adalah aspirasi masyarakat yang merasa lebih dapat kemeriahan parade tersebut di jalur Jaya Sabha-Werdhi Budaya. Para wisatawan pun lebih leluasa menikmati acara tersebut di jalur ini.

Setiap tahun, parade budaya PKB selalu meriah dengan penampilan berbagai atraksi kesenian dari seluruh kabupaten/kota di Bali. Acara tersebut juga selalu dimeriahkan oleh atraksi menarik utusan provinsi-provinsi di Indonesia juga dari utusan negara-negara tetangga.

Adapun materi PKB ke-31 yang akan digelar pada selama sebulan sejak pecan pertama bulan Juni hingga pecan pertama bulan Juli 2009 tersebut, menurut Kasubdis Kesenian dan Film Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Made Santa, SE, tetap mengacu pada lima materi pokok yakni pawai budaya, pementasan, perlombaan, sarasehan serta pameran industri kecil dan kerajinan rumah tangga.
Penyelenggaraan event untuk Tahun 2009 akan dilaksanakan pada Minggu Kedua Bulan Juni 2009. Dengan mengambil tempat di Taman Budaya Bali ( Art Center) Denpasar Bali.

Keterangan Foto: Parade budaya pada upacara pembukaan PKB ke-30, Sabtu 14Juni 2008. Photo courtesy of vibizlife

Post a Comment

0Comments

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*